Cara Membuat Semir Ban Mobil TERBARU 2021


 

 

 Cara Membuat Semir Ban Mobil dari Silicon

Perawatan pada mobil harus sering dilakukan agar performa dan tampilan kendaraan tetap terjaga dengan baik. Salah satu perawatan mobil yang cukup mudah untuk dilakukan di rumah adalah menyemir ban mobil. Menyemir mobil bisa menggunakan semir silicon. Cara membuat semir ban mobil dari silicon pun cukup mudah.

Keuntungan menyemir mobil adalah membuat ban mobil menjadi lebih bersih. Selain itu, menyemir ban mobil bisa membuat ban tampak seperti baru, hitam mengkilap, dan menjaga elastisitas pada ban. Dalam hal ini, semir silicon cair adalah jenis semir yang banyak digunakan dan bisa dibuat sendiri.

Mengenal Seputar Semir Silicon

Semir silicon adalah semir yang paling banyak ditemui di pasaran, dan di tempat-tempat cuci mobil kebanyakan menggunakan jenis semir ini. Semir silicon sendiri terbagi menjadi 3 jenis berdasarkan bentuknya, yaitu silicon gel, cairan emulsi yang bisa diencerkan, serta silocon foam (busa).

Ketiga jenis semir silicon tersebut mempunyai kelebihan serta kekurangan masing-masing. Semir silicon yang berbentuk cairan adalah jenis semir silicon yang paling banyak digunakan di jasa cuci mobil atau jasa salon mobil.

Jenis semir silicon cair ini, bisa didapatkan dengan mudah di toko-toko. Namun Anda juga bisa membuat sendiri semir silicon tersebut.

Bahan untuk Membuat Semir Silicon

Bahan yang diperlukan untuk membuat semir silicon mobil tidak terlalu banyak. Anda hanya butuh menyediakan tiga bahan dasar. Pertama adalah cairan silicon emulsi 200 ml. Anda bisa mendapatkan dari toko bahan-bahan kimia.

Anda juga harus menyiapkan 40 ml silicon oil, dan yang terakhir siapkan juga 800 ml air mineral. Anda juga perlu menyiapkan wadah jerigen sebagai wadah untuk menyimpan cairan tersebut.

Cara Membuat Semir Silicon

Cara membuat semir ban mobil dari silicon memang cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan wadah untuk membuat campurannya. Berikut langkah-langkahnya.

1. Campurkan Silicon Emulsi dengan Silicon Gel

Setelah Anda menyiapkan ketiga bahan tersebut, langkah pertama, campurlah cairan silicon emulsi dengan silicon gel. Anda harus mengaduk kedua cairan tersebut hingga merata, supaya lebih terjamin bahwa cairan telah tercampur dengan baik Anda bisa menggunakan mixer.

2. Campurkan Air Mineral Jika Kedua Bahan Tersebut telah diaduk Rata

Setelah memastikan bahwa cairan tersebut telah diaduk merata, Anda bisa menambahkan air mineral sedikit demi sedikit. Tambahkan juga air mineral dengan terus mengaduk cairan tersebut supaya tidak ada bagian yang menggumpal.

Jika sudah merata, maka semir siap digunakan. Cara pengaplikasian semir ini juga cukup mudah. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

· Bersihkan terlebih dahulu ban mobil, dengan cara menyikatnya dan membilasnya dengan air bersih.

· Setelah ban mobil bersih, Anda bisa mengoleskan cairan yang telah Anda campurkan sebelumnya dengan menggunakan spons maupun kuas.

Jika masih tersisa setelah Anda mengoleskannya ke ban mobil, cairan ini bisa disimpan di dalam wadah jerigen dan digunakan lagi. Tentu saja cara ini cukup praktis, sebab Anda bisa menggunakannya lagi dan hemat biaya.

Kelebihan dan Kekurangan Semir Silicon

Semir silicon dalam bentuk cair merupakan semir ban yang fokusnya adalah membuat ban lebih mengkilap. Bahan ini akan memberikan efek mengkilap yang lebih lama jika dibandingkan dengan semir yang terbuat dari air biasa.

Semir ini sangat cocok untuk digunakan dalam jangka pendek, hanya saja semir ini tidak berfokus pada membersihkan ban mobil. Apabila digunakan untuk jangka waktu yang lama, semir ini bisa merusak ban.

Kerusakan yang terjadi pada ban misalnya adalah ban menjadi getas, mengeras atau tidak kenyal, serta terjadi retak halus pada ban. Anda bisa mengurangi efek penggunaan semir dari bahan silicon ini dengan cara menggunakannya sesekali saja.

Semir ini juga tidak boleh digunakan terlalu sering. Anda bisa saja menggunakannya setiap dua minggu sekali atau satu bulan sekali, untuk menjaga supaya ban tidak cepat rusak.

Cara membuat semir ban mobil dari silicon ini cukup praktis, sebab bahan yang dibutuhkan tidak terlalu mahal dan mudah didapatkan. Selain itu, Anda bisa menyimpan cairan ini untuk dipakai lagi nanti. Hanya saja Anda harus memperhatikan cara pemakaiannya, supaya ban mobil tidak cepat rusak.

No comments for "Cara Membuat Semir Ban Mobil TERBARU 2021"