Cara Menghilangkan Bekas Lem Aibon

Cara Menghilangkan Bekas Lem Aibon

Lem aibon memang merupakan salah satu bahan yang banyak dibutuhkan dalam dunia otomotif. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan jika lem ini bisa menyebabkan kerusakan saat penggunaannya kurang hati-hati dan bekasnya di mana-mana. Namun, jangan khawatir karena cara menghilangkan bekas lem aibon pun sangat mudah.

Kerusakan yang lebih parah tidak akan terjadi jika bekas lem segera dibersihkan. Lem ini memiliki sifat yang kuat. Beberapa cara yang dirangkum di bawah ini dapat Anda terapkan untuk menghilangkan bekas lem aibon dengan lebih mudah.

Cara Menghilangkan Bekas Lem Aibon 

Digosok Ringan dengan Bantuan Cairan

Lem aibon biasanya mudah menetes sehingga tanpa disengaja bisa mengenai bagian logam yang sedang diperbaiki. Hal lain yang bisa saja terjadi jika Anda terlalu berlebihan menuangkan lem tersebut pada bagian yang sedang diperbaiki, sehingga bekasnya sehingga perlu dihilangkan. 

Dalam hal ini, cara paling mudah untuk menghilangkan bekasnya adalah menggunakan cairan yang bersifat dingin jika terkena kulit. Bensin, aseton, dan tiner adalah beberapa bahan yang dapat Anda manfaatkan untuk menghilangkan bekas lem aseton tersebut.

Cara penggunaannya juga sangat mudah. Anda hanya perlu meneteskan sedikit cairan ini pada bagian yang terkena lem aibon, lalu gosok secara perlahan. Cara ini terbilang cukup efektif untuk menghilangkan bekas lem aibon secara lebih detail.

Hal yang penting untuk diperhatikan disini adalah, usahakan menggosoknya dengan kain yang halus agar bagian yang dibersihkan tidak lecet. Sangat disayangkan bila stiker cover motor yang terkena lem aibon juga ikut lecet karena penggosokan yang tidak hati-hati.

Gunakan Penghapus

Kesalahan dalam penggunaan lem aibon memang bisa terjadi dan menetes di bagian yang tidak diperlukan. Komponen yang berbahan seperti kertas di sekitar lokasi tempat perbaikan bodi motor menggunakan lem aibon ini juga bisa saja terkena lem tersebut. 

Jika pada benda logam, Anda dapat menggunakan cairan untuk menghilangkannya, namun hal tersebut justru tidak tepat bila digunakan di komponen yang berbahan kertas. Dalam kasus ini, cara menghilangkan bekas lem aibon secara sederhana adalah dengan menggunakan penghapus.

Anda dapat menggosok bagian yang terkena lem aibon tersebut. Usahakan menggosoknya dengan pelan agar tidak sobek. Hal ini akan membantu Anda membersihkan bekas lem tanpa harus menggunakan cairan bensin, tiner, dan semacamnya. 

Memanfaatkan Penguapan

Energi uap adalah energi yang memiliki kadar kalor yang sedikit. Prinsip energi uap juga mampu  mengubah bentuk benda. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas lem aibon. 

Energi uap dapat diarahkan pada bagian yang terkena lem aibon dan membuatnya menjadi terpapar kalor. Ini dilakukan agar lem yang terlanjur mengeras pada bagian tersebut menjadi lebih lunak kembali, sehingga lebih mudah dibersihkan.

Gunakan benda yang dapat menghasilkan uap untuk menghilangkan bekas lem tersebut. Benda yang dimaksud dapat berupa hair dryer. Akan tetapi, cara ini tidak cukup efektif karena perlu energi listrik dan akses kabel yang membuatnya tidak fleksibel. 

Gunakan Cuka Putih Jika Lem Aibon Membekas Pada Pakaian

Lem aibon mungkin saja mengenai pakaian ketika sedang digunakan. Agar lebih mudah menghilangkannya, lakukan dengan segera setelah lem ini menetes secara tidak sengaja. Cara menghilangkan bekas lem aibon pada bahan kain bisa dengan memanfaatkan cuka putih dengan bantuan aseton. 

Disini, noda dapat dihilangkan dan menjadi samar dengan bantuan aseton. Anda bisa langsung teteskan aseton pada bagian yang terkena lem aibon. 

Setelahnya, tunggu beberapa menit agar bekas lem tersebut sedikit memudar. Sesaat setelah itu, redam pakaian yang terkena lem pada cuka putih yang telah dimasukkan pada air hangat. 

Diamkan beberapa saat agar noda lem dapat menghilang. Agar lebih sempurna, langsung cuci pakaian tersebut menggunakan detergen, kemudian bilas dengan bersih dan keringkan. Cara ini akan menghilangkan bekas lem aibon pada pakaian dengan lebih maksimal. 

Lem aibon memang dapat berfungsi untuk merekatkan emblem atau bodi motor yang patah. Akan tetapi, penggunaannya yang kurang hati-hati juga perlu diwaspadai. Jika terlanjur mengenai bagian-bagian yang tidak perlu, segera lakukan langkah pembersihan sesuai kebutuhan yang sudah dijelaskan di atas. Semakin cepat Anda menghilangkannya, maka prosesnya akan semakin mudah.

No comments for "Cara Menghilangkan Bekas Lem Aibon"