Widget HTML Atas

Cara Menghitamkan Ban Motor Agar Terlihat Seperti Baru

cara-menghitamkan-ban-motor.

 Ban motor adalah salah satu bagian penting dari kendaraan roda dua. Setelah digunakan setiap hari, lama kelamaan warna ban motor ini tidak akan hitam lagi. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara menghitamkan ban motor yang bisa Anda praktekkan.

Beberapa cara yang dimaksud disini sangatlah mudah diterapkan. Anda pun bisa memilih alternatif yang dirasa paling praktis. Lalu, bagaimana saja caranya? Untuk informasi selengkapnya, simak ulasan di bawah ini.

Melapisi Ban Dengan Silikon Cair

Cara pertama yang bisa Anda terapkan untuk menghitamkan ban motor adalah menggunakan silikon cair. Banyak yang memilih menggunakan silikon untuk menghitamkan ban karena dirasa penggunaannya lebih cepat dan warna hitamnya tahan lama. Anda juga bisa memilih cara yang satu ini.

Cara menggunakannya cukup disemprotkan pada seluruh bagian ban hingga merata. Tetapi, sebelum itu, lepas terlebih dahulu ban dari motor, baru disemprot dengan cairan ini. Jangan lupa untuk mencuci ban terlebih dahulu sebelum dilapisi dengan silikon cair.

Setelah Anda melapisi seluruh bagian ban dengan silikon cair, langkah berikutnya adalah mendiamkannya beberapa saat hingga mengering. Setelah itu, baru Anda bisa memasangnya kembali.

Menggunakan Minyak Goreng

Ternyata minyak goreng yang sering Anda gunakan untuk bahan memasak di dapur bisa dimanfaatkan untuk menghitamkan ban motor agar tampak seperti baru. Bahan yang satu ini selain mudah didapatkan juga sangat murah, jadi bisa menghemat pengeluaran Anda untuk mendapatkan ban yang seperti baru.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan dalam penerapannya adalah menyiapkan minyak goreng secukupnya dalam mangkok khusus. Setelah itu, campurkan minyak dengan air biasa sedikit saja, agar lebih mudah ketika dioleskan ke ban. Jangan lupa siapkan juga kuas khusus untuk mengoleskannya.

Langkah berikutnya adalah mulai mengolesi ban. Perlu diingat bahwa Anda tidak perlu mengolesi ban hingga bagian yang langsung bersentuhan dengan aspal. Ini penting diperhatikan agar minyak tidak membuat ban tergelincir saat digunakan.

Menggunakan Semir Ban

Cara menghitamkan ban motor yang juga banyak diterapkan adalah memakai semir khusus. Semir untuk ban ini bentuknya tabung, ukurannya tidak terlalu besar, dan tentu harganya juga terjangkau. Semir tersebut tersedia dalam bentuk cair atau foam. Di pasaran, penjualan semir ini juga mudah dijumpai.

Setelah membeli semir ban, langkah berikutnya adalah mulai menyemprotkannya ke seluruh permukaan. Sebelum disemprotkan pastikan Anda sudah membersihkan ban terlebih dahulu.

Yang perlu diperhatikan juga dalam penggunaannya adalah, jangan terlalu sering mewarnai ban dengan semir. Hal ini bisa mengurangi elastisitas ban.

Menggunakan Pasta Gigi

Bahan rumahan lain yang juga bisa digunakan untuk menghitamkan ban adalah pasta gigi. Tentu Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di toko terdekat serta dengan harga yang terbilang murah. Pasta gigi ternyata juga bisa digunakan untuk membuat ban kembali hitam.

Dalam penggunaannya, sebelum menghitamkan ban Anda bisa membersihkannya terlebih dahulu lalu. Selanjutnya, siapkan sikat khusus untuk menggosokkan pasta gigi ke seluruh permukaan ban dengan hati-hati. Jika sudah digosok, Anda tinggal membersihkan ban menggunakan lap.

Disini, ketika sedang mengolesi ban, pastikan tidak terlalu banyak mengoleskan pasta giginya. Anda bisa menuangkan pasta gigi secukupnya saja. Jangan lupa juga untuk menyimpan peralatan seperti lap dan sikat jika ingin menghitamkan ban menggunakan bahan ini lagi di kemudian hari.

Menggunakan Baking Soda

Ingin menggunakan bahan lain untuk menghitamkan ban motor? Anda bisa menggunakan baking soda. Cara menghitamkan ban motor menggunakan baking soda pun cukup mudah. Terlebih dahulu, Anda harus mempersiapkan bahan tambahan seperti air. Selanjutnya, campur baking soda dengan air itu.

Tunggu beberapa saat sampai campuran berubah menjadi seperti pasta. Setelah itu, Anda bisa langsung mengolesi seluruh permukaan ban dengan bantuan kuas khusus. Tunggu beberapa saat sampai ban mengering dan menghitam. Setelah itu, Anda bisa langsung membersihkan ban.

Hasilnya tentu sangat memuaskan karena ban Anda bisa akan tampak seperti baru. Warnanya semakin menghitam dan tidak ada lagi noda kotoran yang menempel di ban.

Setelah mengetahui beberapa metode di atas, Anda bisa mencoba menerapkan salah satu atau beberapa di antaranya. Metode ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan mudah.