Cara Membuat Semir Ban Mobil Sendiri


 Mudah! Begini Cara Membuat Semir Ban Mobil Sendiri

Ban mobil kendaraan bisa terlihat mengkilap dengan cara disemir, supaya bagian ban hingga velg terlihat semakin bersih. Semir ban bisa dibeli di toko aksesoris mobil, namun sebenarnya ada beberapa cara membuat semir ban mobil sendiri yang bisa Anda praktekkan di rumah.

Membuat semir mobil sendiri, bisa menghemat biaya. Meskipun ada beberapa semir mobil yang harganya cukup terjangkau, namun Anda bisa mencoba menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar rumah, karena caranya sangat mudah.

Membuat Semir Ban dari Air Gula

Bahan yang bisa digunakan untuk membuat semir mobil adalah air gula. Anda bisa menggunakan gula pasir yang terdapat di dapur dan melarutkannya ke air. Air gula ini bisa digunakan untuk membuat ban mobil menjadi lebih hitam, berikut ini langkah-langkahnya.

· Bersihkan Ban

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan ban mobil dengan cara mencuci serta menyikatnya. Ini untuk membersihkan ban dari kotoran serta debu-debu yang menempel.

· Siapkan Bahannya

Selanjutnya, Anda bisa menyiapkan air gula di gelas dengan ukuran sedang. Anda bisa mengisi gelas tersebut dengan air hangat dan 4 sendok gula. Aduk hingga gula larut dalam air.

· Gosokkan ke Ban

Setelah air tersebut dingin, Anda bisa menggosokkan air ini ke ban dengan menggunakan spons atau kuas. Cara mengoleskannya harus sedikit demi sedikit, dan jangan terlalu banyak.

Jika Anda menggunakan air gula sebagai bahan semir, hal yang harus diperhatikan adalah jangan sampai cairan ini menetes berlebihan, sebab bisa mendatangkan semut. Tentunya Anda tidak ingin bukan, ban mobil Anda menjadi sarang baru untuk semut?

Membuat Semir Ban dari Sunlight

Cara membuat semir ban mobil sendiri menggunakan sunlight ini juga tergolong mudah. Sabun cuci piring ini ternyata bisa digunakan sebagai semir ban mobil, namun untuk membuatnya Anda harus mencampurkannya dengan minuman bersoda. Berikut ini langkah-langkahnya.

· Langkah yang pertama adalah membersihkan ban mobil terlebih dahulu dengan cara menyikat serta membilasnya dengan air bersih.

· Kemudian, campurkan minuman bersoda berukuran 250 ml dengan 1 sendok makan sunlight dalam sebuah wadah.

· Aduk campuran minuman bersoda dan sunlight tadi hingga rata dan jangan tambahkan air.

· Selanjutnya, Anda bisa mengaplikasikan campuran tersebut pada mobil menggunakan kuas kecil atau spons. Oleskan tipis-tipis dan tunggu hingga kering.

· Jika bagian yang telah Anda olesi tadi telah kering, olesi lagi, namun dengan cara digosok, dan permukaan ban akan semakin lebih hitam.

Jika di rumah tidak ada sunlight, Anda bisa menggunakan sabun cuci piring dari merk lain. Langkah-langkah membuatnya juga sama, yaitu mencampurkannya dengan minuman bersoda. Untuk minuman bersoda, Anda bisa menggunakan fanta, coca-cola, dan merk minuman lainnya.

Membuat Semir Ban dari Minyak Goreng

Bahan di sekitar rumah yang juga bisa digunakan untuk membuat semir mobil adalah minyak goreng. Bahan ini tentu saja mudah ditemukan di sekitar rumah. Hampir setiap rumah memiliki minyak goreng, hanya saja Anda tidak bisa asal menggunakannya.

Anda sebaiknya menggunakan minyak goreng baru untuk membuat semir mobil. Jangan gunakan minyak bekas, sebab bisa menimbulkan bau amis pada mobil. Cara membuat semir ini cukup mudah, dan berikut ini caranya.

· Cara yang pertama hampir sama seperti langkah-langkah sebelumnya, yaitu membersihkan ban mobil untuk menghilangkan semua kotoran yang menempel.

· Kemudian, tuang minyak goreng yang akan dijadikan semir ke dalam wadah secukupnya. Minyak goreng yang digunakan harus yang masih baru.

· Anda bisa mengoleskan minyak ini pada dinding ban dengan cara menggunakan sikat gigi bekas atau kuas cat. Oleskan pada bagian dinding ban hingga terlihat mengkilap.

· Anda bisa menggunakan lap kering untuk membersihkan ban jika merasa minyak goreng yang telah dioleskan terlalu berlebihan

Dalam hal ini, yang harus diingat adalah, bagian yang diolesi minyak goreng hanyalah bagian dinding ban, dan jangan sampai terkena bagian tapak. Bagian tapak yang terkena minyak goreng akan sangat membahayakan, sebab bisa menimbulkan grip dengan aspal karena ban yang licin.

Bahan-bahan tersebut adalah bahan yang sangat murah dan mudah ditemui di sekitar rumah. Cara membuat semir mobil sendiri ini juga tidak terlalu rumit, serta peralatan yang diperlukan tidak terlalu banyak. Selain itu, cara penggunaannya juga tidak sulit.