Cara Detailing Mobil


 Begini Cara Detailing Mobil Berdasarkan Tahapannya

Detailing mobil merupakan suatu perawatan ekstra pada tampilan mobil, mulai dari eksterior, interior, hingga komponen mobil secara detail. Perawatan ini diperlukan untuk membersihkan seluruh bagian mobil. Cara detailing mobil sendiri dapat dikatakan sederhana namun sangat mendetail.

Detailing mobil tidak sama seperti salon mobil yang hanya membersihkan dan memberi perlindungan ekstra pada mobil. Proses ini dilakukan hingga pada bagian yang tidak tersentuh oleh salon mobil seperti baut pada velg, kolong mobil, dan lain-lain. Proses detailing ini sendiri adalah sebagai berikut.

Cleaning

Tahap pertama perawatan ini juga akan didapatkan ketika berada di salon mobil. Proses cleaning atau pembersihan ini berfungsi untuk membersihkan mobil agar tampak lebih bersih dan bebas dari segala kotoran yang akan merusak penampilan mobil.

Pada proses ini, mobil Anda juga akan dibersihkan secara menyeluruh, meski belum terlalu detail. Karena bertujuan untuk menyingkirkan kotoran yang merusak penampilan, maka proses ini hanya berfokus pada bagian yang terlihat saja.

Apabila proses tersebut masih menyisakan noda, maka mobil Anda akan melalui tahapan claying. Claying dilakukan dengan memanfaatkan clay bar dan cairan lubrikasi agar prosesnya menjadi lebih mudah. Proses ini bertujuan agar kotoran yang tidak terangkat pada proses cleaning dapat dibersihkan.

Apabila terdapat noda membandel pada mobil, maka perawatan pembersihan tambahan akan dilakukan. Selain claying, ada pula perawatan pembersih tambahan berupa paint cleaning. Proses ini akan dilakukan apabila noda pada mobil tidak dapat diangkat melalui proses cleaning maupun claying.

Paint Correction

Cara detailing mobil selanjutnya yaitu paint correction. Proses ini akan mengoreksi cat mobil dari goresan, baret halus, hingga proses oksidasi pada permukaan mobil. Ini akan menghasilkan mobil dengan cat yang sempurna tanpa cacat sedikit pun.

Paint correction dilakukan dengan beberapa proses, yaitu compounding, polishing, dan glazing. Pada umumnya, perawatan ini menggunakan bantuan cairan yang khusus dan sesuai dengan spesifikasi masalah pada bodi mobil Anda.

Tahap paint correction dapat dikatakan sebagai tahap perawatan detailing yang paling penting. Hal ini disebabkan karena proses ini bertujuan untuk menutupi atau bahkan menghilangkan cacat pada cat mobil.

Dengan demikian, proses paint correction yang sempurna akan menghasilkan penampilan mobil yang sempurna pula ketika proses detailing selesai. Paint correction dapat membuat mobil Anda terlihat seperti baru lagi.

Protection

Perbaikan penampilan mobil yang dilakukan pada proses paint correction disempurnakan dengan tahap selanjutnya, yaitu protection. Perbaikan tanpa perlindungan yang sempurna pada mobil merupakan hal yang sia-sia.

Proteksi atau perlindungan pada mobil diperlukan terutama pada body mobil agar terlihat lebih baik. Pada tahap ini, mobil Anda akan mengalami beberapa proses seperti wax, sealant, dan coating pada permukaan cat mobil.

Sedangkan pada permukaan bagian lain mobil seperti metal, krom, ban, trim, dan lain-lain, proses ini akan dilakukan menggunakan bahan lain yang sesuai dengan jenis permukaannya. Dengan demikian, seluruh permukaan mobil dapat terlindungi dengan baik.

Tahap proteksi akan membuat kotoran pada permukaan mobil tidak mudah menempel dan terakumulasi menjadi noda membandel. Baik air maupun debu tidak akan mudah menempel pada permukaan mobil, sehingga senantiasa terlihat bersih.

Maintenance

Maintenance merupakan tahap terakhir dari detailing mobil. Tahap ini dilakukan dengan melalui beberapa proses seperti detailer, finishing, last touch, dan lain sebagainya. Proses maintenance dilakukan agar setiap tahap detailing yang telah dilakukan tidak sia-sia.

Meski tidak bersifat permanen, tahap maintenance akan membuat proteksi terhadap mobil Anda bertahan lebih lama dan tetap optimal. Tahap ini harus dilakukan agar detailing dapat lebih sempurna seiring berjalannya waktu dan kotoran tidak mudah menempel pada permukaan mobil.

Selain itu, tahap maintenance akan mempertahankan daya proteksi mobil sehingga seluruh permukaan mobil Anda dapat terlindungi dari  berbagai kotoran yang mudah menumpuk. Namun karena bersifat semetara, maka tahapan ini harus dilakukan secara rutin, sesuai kebutuhan mobil Anda.

Demikianlah cara detailing mobil yang terbagi menjadi empat tahap, yaitu cleaning, paint correction, protection, dan maintenance. Keempat tahap ini akan memaksimalkan dan menjaga penampilan mobil Anda. Untuk hasil maksimal. lakukan perawatan detailing pada mobil Anda di tempat yang terpercaya dengan tenaga profesional.