Ini Penyebab Suara Mesin Motor Kasar Saat Digas


Pada umumnya, motor saat ini memiliki suara mesin yang halus, bahkan saat digas sekalipun. Akan tetapi, pada kondisi tertentu, mesin motor dapat mengeluarkan suara yang keras atau kasar. Suara mesin motor kasar saat digas dapat disebabkan oleh beberapa hal. Berikut ulasannya.

Kurangnya Volume Oli Mesin

Oli mesin berfungsi untuk melapisi setiap komponen yang bergesekan agar komponen tidak cepat aus akibat dari gesekan tersebut. Apabila oli mesin kurang, tidak semua komponen dapat terlapisi dengan sempurna.

Ketika motor digas dan seluruh komponen mesin bekerja, komponen yang tidak mendapat cukup pelumas akan menjadi sumber bunyi. Komponen mesin yang tidak terlumasi dengan sempurna ini akan saling bergesekan dan menimbulkan bunyi yang khas.

Apabila hal ini dibiarkan, maka lambat laun performa motor Anda akan semakin berkurang. Masalah ini dapat diatasi dengan menambahkan oli mesin pada motor. Untuk hasil yang lebih baik, gunakan oli mesin yang sama dengan yang sudah ada di mesin motor. Atau, dapat juga diganti secara keseluruhan.

Kendornya Timing Chain

Timing chain merupakan komponen berupa rantai besi yang berfungsi untuk menghubungkan poros nok dengan poros engkol. Karena letaknya yang berada di samping mesin, rantai besi ini dapat kendor ketika terkena panas secara terus menerus.

Hal ini dapat menimbulkan suara yang tidak nyaman didengar, seperti rantai roda yang akan berbunyi gemericik dan klotok-klotok. Motor saat ini telah didesain dengan adanya tensioner atau penegang yang akan menarik timing chain agar tidak kendor. Sayangnya, kerja tensioner juga memiliki batas.

Solusinya, Anda dapat mengganti tensioner motor dengan tipe manual agar tegangan timing chain dapat menjadi lebih luas. Atau, Anda dapat mengganti komponen timing chain dan tensioner agar tegangan lebih kuat.

Lebarnya Celah Katup

Suara mesin motor yang kasar saat digas dapat juga diakibatkan oleh celah katup yang melebar. Celah katup atau klep merupakan jarak antara ujung rocker arm dengan batang katup pada posisi katup tertutup. Biasanya, jarak ini hanya sekitar 0,2 sampai 0,3 mm.

Celah ini harus memiliki jarak yang pas. Apabila terlalu rapat, maka katup tidak memiliki ruang untuk memuai, sehingga dapat mengakibatkan bocornya kompresi dari katup. Sedangkan bila jaraknya terlalu lebar, maka proses terbukanya katup akan menjadi lebih lama dan menimbulkan suara keras.

Masalah ini dapat diatasi dengan menyetel ulang katup mesin dengan spesifikasi jarak 0,2 mm pada intake valve dan 0,3 pada exhaust valve. Jarak katup exhaust disetel lebih besar agar laju pemuaiannya dapat lebih jauh.

Poros Nok Aus

Ausnya poros nok merupakan salah satu akibat dari kurangnya oli mesin. Komponen ini berada di kepala silinder yang terletak jauh dari pusat pelumasan. Area terjauh ini sangat berpotensi aus.

Apabila poros nok aus atau oblak, maka mesin bagian atas akan mengeluarkan suara yang kasar. Untuk mengatasinya, Anda harus mengganti poros nok pada mesin motor. Sayangnya, penggantian komponen ini akan memakan biaya cukup besar.

Kompresi Bocor

Kebocoran pada kompresi dapat mengakibatkan performa motor berkurang, serta bunyi yang kasar saat terjadi pembakaran. Hal ini disebabkan oleh pembakaran mesin memiliki suhu dan tekanan yang kurang ideal.

Turunnya kompresi mesin akan menimbulkan bunyi gesekan seperti bunyi ketukan logam. Bunyi pembakaran ini akan terdengar lebih kasar dan pada umumnya disertai dengan asap putih dari knalpot, ketika motor digas.

Masalah ini dapat diatasi dengan mengetes kompresi menggunakan compression tester terlebih dahulu untuk memastikan penurunan kompresi.

Baut Kendor

Masalah baut kendor sering terjadi pada beberapa komponen mesin motor. Komponen seperti cover dan bracket pada umumnya disatukan dengan baut atau mur. Apabila baut yang melekatkan komponen ini kendor, maka cover atau bracket akan oblak.

Hal ini membuat komponen bergetar pada saat mesin dihidupkan, sehingga menimbulkan suara yang kasar. Masalah ini dapat diselesaikan dengan mengencangkan baut pengikat cover dan bracket mesin yang longgar.

Besarnya Celah Gigi Primer

Komponen berupa gigi output mesin ini berada pada poros engkol. Gigi primer terbagi menjadi dua, yaitu drive dan driven gear. Jika celah dua roda gigi ini longgar, maka akan menimbulkan suara motor yang kasar saat digas. Masalah ini dapat diatasi dengan mengganti satu set gigi primer.

Suara mesin motor yang kasar saat digas memang dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Untuk mengatasi tersebut, ada baiknya Anda meminta bantuan dari para ahli di bengkel resmi maupun bengkel kepercayaan Anda.