Fungsi Camshaft


Apa Saja Fungsi Camshaft? Ini Penjelasannya!

Camshaft merupakan salah satu komponen penting pada mesin mobil. Komponen ini berada di kepala silinder dan biasanya terbuat dari baja khusus. Keberadaan komponen ini tentu memiliki fungsi tertentu, dimana fungsi camshaft akan sangat berpengaruh pada performa mobil.

Bagi pecinta otomotif, tentu komponen camshaft bukan sesuatu yang terdengar asing. Komponen ini disebut juga sebagai poros nok atau noken as. Untuk mengetahui seberapa penting peranan komponen ini, Anda perlu memahami rincian fungsinya. Fungsi tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Pengatur Katup

Fungsi pertama dari komponen camshaft adalah mampu mengatur katup atau klep. Komponen ini dapat mengatur kapan katup harus membuka maupun menutup sesuai dengan firing order atau yang biasa disebut dengan urutan waktu pengapian.

Pada proses buka tutup katup ini, camshaft akan memanfaatkan komponen lain, yaitu cam lobe. Cam lobe adalah komponen yang berbentuk bulat lonjong, lebih lonjong daripada desain komponen lain. Cara kerja komponen ini cukup sederhana, namun penting.

Cam lobe bekerja dengan mendorong katup atau klep mesin agar membuka dan menutup secara sistematis. Sisi lonjong komponen ini berfungsi untuk menekan katup agar terbuka. Sedangkan sisi bulatnya akan menarik katup sehingga bisa tertutup.

Pemutar Poros Distributor

Fungsi camshaft yang selanjutnya adalah sebagai pemutar poros distributor. Meski saat ini tidak semua mobil memiliki distributor, namun pengetahuan ini juga penting. Distributor pada umumnya terletak di dalam sistem pengapian, sesuai dengan jenis mesin yang digunakan.

Untuk dapat memutar poros distributor, camshaft dan distributor membutuhkan komponen lain yang akan membantunya. Komponen pembantu ini bernama drive gear. Komponen drive gear bertugas untuk memutar poros distributor.

Namun, ada juga mesin yang menggunakan bantuan komponen dengan model slot untuk memutar poros distributor. Komponen berupa slot ini berfungsi sebagai penyambung antara camshaft dengan poros distributor.

Pada prinsipnya, seperti apapun bentuk penyambung camshaft dengan poros distributor, komponen ini memiliki cara kerja yang serupa. Perputaran camshaft akan tetap memberi sinyal pada poros distributor untuk melakukan perputaran yang sama, melalui perantara komponen lain.

Penggerak Fuel Pump

Fuel pump merupakan sebuah komponen yang berguna pada proses pemompaan bahan bakar menuju karburator. Mobil-mobil keluaran terbaru tidak semua menggunakan fuel pump, sehingga fungsi ini hanya ada pada mesin mobil yang memiliki fuel pump jenis mekanikaatau elektrik.

Fuel pump jenis mekanik atau elektrik dapat bergerak dengan bantuan camshaft. Akan tetapi, camshaft bukan satu-satunya komponen yang akan menggerakkan fuel pump. Komponen ini membutuhkan komponen lain, yaitu nok khusus yang berfungsi sebagai penghubung.

Dengan adanya nok khusus yang menghubungkan camshaft dengan fuel pump, komponen fuel pump dapat bekerja dengan lebih baik. Komponen ini akan memompa bahan bakar ke dalam karburator sehingga dapat terjadi proses pembakaran yang lancar.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa camshaft memiliki posisi yang penting bagi sistem kerja mobil. Camshaft mampu menggerakkan komponen yang berkaitan dengan bahan bakar, sehingga proses pembakaran lebih baik dan mobil dapat berjalan dengan lancar.

Tempat Sensor Mendeteksi Sudut Putaran Camshaft

Camshaft memiliki cara kerja dengan melakukan putaran. Berdasarkan cara kerja tersebut, komponen camshaft atau poros nok ini mampu menjadi tempat sensor yang digunakan untuk mendeteksi sudut putarannya sendiri.

Dengan adanya fungsi ini, camshaft mampu memastikan setiap sudut putaran dilakukan dengan sempurna, sehingga tidak menimbulkan kerusakan pada bagian lainnya. Fungsi ini pada umumnya dapat ditemukan pada poros nok yang digunakan dalam sistem mesin EFI.

Sistem mesin Electronic Fuel Injection (EFI) memiliki camshaft dengan konstruksi khusus yang berbentuk menyerupai gigi. Gigi pokok ini akan menyatukan blade sensor sehingga mempermudah kinerja poros nok dalam menentukan sensornya sendiri.

Fungsi ini dapat terjadi berdasarkan cara kerja gigi dari mesin, dimana gigi-gigi ini akan membantu camshaft untuk melakukan deteksi pada setiap sudut yang tepat dalam setiap putarannya.

Camshaft atau poros nok memiliki fungsi yang sangat penting bagi mobil. Fungsi camshaft mobil ini dapat Anda jadikan acuan untuk memilih mobil yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Dalam penggunaannya, komponen ini juga harus dirawat dengan baik untuk mendukung kinerja mobil.