Komponen Baterai Aki


 

 

  Daftar Komponen Baterai Aki dan Fungsinya

Baterai accu/aki adalah salah satu komponen yang menyusun aki mobil. Komponen baterai aki sendiri yang utama terdiri dari plat positif, plat negatif, dan larutan elektrolit. Beberapa komponen tersebut saling terhubung untuk menghasilkan tenaga listrik yang digunakan untuk akselerasi mobil.

Cara kerja aki mobil ini memanfaatkan reaksi kimia yang menghasilkan aliran elektron. Aliran tersebut nantinya akan mengaktifkan rangkaian kelistrikan dalam mobil. Berikut adalah daftar komponen yang menyusun aki mobil secara umum, sehingga bisa menghidupkan mesin mobil.

Kotak Baterai

Komponen luar aki yaitu kotak aki atau battery box. Kotak ini terbuat dari bahan plastik yang keras agar bisa melindungi semua bagian yang ada di dalamnya. Melalui kotak aki ini juga bisa diketahui kondisi dan jumlah larutan elektrolit yang masih ada karena tampilannya yang transparan.

Fungsi utama kotak baterai ini yaitu sebagai pelindung luar bagian-bagian dalam aki. Selain itu, kotak aki tersebut juga berperan menjadi ruang endapan pada bagian bawah kotak aki. Bagian ini menjadi bagian paling penting dari penyusun aki mobil.

Plat Aki (Positif Dan Negatif)

Plat aki terdiri dari plat positif dan plat negatif. Kedua jenis plat aki tersebut berpengaruh terhadap kemampuan baterai dalam mengalirkan arus listrik. Jika plat aki yang digunakan berjumlah banyak atau penampangnya berukuran besar, arus listrik yang disalurkan akan semakin besar.

Komponen yang satu ini cepat kering. Plat aki positif terbuat dari bahan timah, sedangkan plat negatif terbuat dari bahan lead dioxide, yaitu perpaduan timbal dan oksigen. Perbedaan bahan inilah yang membuat aliran listrik selalu berasal dari plat positif.

Separator

Bagian ini disebut juga penyekat yang berfungsi memisahkan plat positif dan plat negatif. Tujuan penyekatan tersebut adalah untuk menghindari hubungan singkat antar plat baterai tersebut. Penyekat ini memiliki pori-pori agar larutan elektrolit dalam baterai bisa mengalirkan listrik ke plat baterai.

Separator tersebut terbuat dari bahan isolator agar dapat menahan arus listrik. Komponen ini terdiri dari dua jenis, yaitu plat separator dan cell separator. Plat separator berfungsi untuk menyekat plat positif dan plat negatif agar tidak terjadi konsleting.

Sedangkan cell separator berfungsi untuk memisahkan tiap sel. Hal itu dapat dilihat dari satu unit baterai yang memiliki 6 cell. Setiap cellnya akan disekat oleh cell separator. Cell separator tidak memiliki pori sedikit pun untuk mengalirkan cairan elektrolit, jadi setiap sel memiliki larutan elektrolit masing-masing.

Cell Connector

Cell connector berperan sebagai penghubung plat antar cell secara seri. Cell connector ini terbuat dari bahan konduktor. Komponen ini akan menghubungkan plat negatif dari suatu cell ke plat positif cell lain dan seterusnya.

Larutan Elektrolit

Komponen baterai aki mobil yang paling penting yaitu larutan elektrolit. Larutan tersebut mengandung cairan yang berasal dari air dan asam sulfat. Keduanya akan bereaksi karena adanya bahan aktif yang terdapat pada plat baterai.

Reaksi kimia antara air dan asam sulfat tersebut selanjutnya akan menghasilkan tenaga listrik. Listrik tersebut dapat dimanfaatkan untuk menghidupkan rangkaian listrik dalam mobil. Kadar air dalam larutan ini sekitar 64% dan sisanya adalah larutan asam sulfat.

Tutup Ventilasi / Tutup Baterai

Tutup baterai atau ventilasi ini berada di bagian paling atas cell. Fungsinya yaitu untuk mengisi larutan elektrolit pada setiap cell dan sebagai ventilasi atau menutup tiap cell saat reaksi kimia di dalam aki berlangsung. Tapi, ada sedikit lubang di dalamnya sebagai tempat hidrogen saat aki di charge.

Jika lubang kecil pada tutup baterai ini tersumbat, maka hidrogen akan terjebak di dalam aki dan membuat aki menggelembung. Nah, saat gas hidrogen keluar, Anda harus berhati-hati agar tidak terjadi kebakaran.

Kutub Baterai

Kutub baterai terletak di bagian ujung plat baterai. Komponen ini berperan sebagai konduktor. Pada baterai terdapat 6 cell seri yang di setiap ujungnya ada plat positif dan plat negatifnya. Kutub baterai ini dimanfaatkan sebagai tempat untuk meletakkan terminal atau rangkaian baterai.

Daftar komponen baterai aki di atas sangat berperan penting dalam kinerja aki mobil. Setiap komponen tersebut memiliki fungsi yang saling berhubungan untuk menyimpan tenaga listrik yang sewaktu-waktu dibutuhkan untuk mengaktifkan rangkaian listrik pada mobil.