Daftar Peralatan Usaha Cuci Motor


 

 

Ini Daftar Peralatan Usaha Cuci Motor

Usaha cuci motor memiliki peluang besar untuk dikembangkan, karena prospeknya memang sangat bagus. Untuk memulai usaha ini, sebaiknya dipersiapkan terlebih dahulu daftar peralatan usaha cuci motor yang diperlukan, agar Anda bisa langsung menjalankannya dengan maksimal.

Membuka usaha cuci motor tidak membutuhkan modal besar. Dengan menyediakan peralatan pokok yang diperlukan, usaha ini bisa dimulai. Sedangkan peralatan tambahan yang lebih modern, bisa dilengkapi sambil berjalan. Peralatan utama yang diperlukan untuk usaha cuci motor ini sendiri diantaranya adalah sebagai berikut.

Sanyo atau Mesin Pompa Air

Untuk memulai membuka usaha cuci motor, setidaknya Anda harus memiliki sanyo atau mesin pompa air. Alat ini diperlukan sebagai sumber air, karena dalam usaha cuci motor ini air merupakan kebutuhan utama.  Jadi ketersediaan dan kelancaran aliran air ini harus maksimal.

Tong Besar

Tong besar digunakan sebagai tandon atau penampungan air. Dengan memiliki tong besar ini, Anda bisa melakukan penyimpanan air, sehingga setiap saat air tetap tersedia. Memiliki tong sebagai tandon air, bisa digunakan untuk mengantisipasi apabila listrik sedang mati, dan pompa air tidak berfungsi.

Selang Air

Selang air adalah salah satu peralatan yang harus ada dalam usaha cuci sepeda motor. Peralatan berupa selang air ini akan memudahkan pekerjaan dan proses pencucian sepeda motor. Di sini, selang bisa digunakan untuk menyalurkan air dan menyemprotkan air dengan pada proses pencucian.

Bak atau Timba

Bak atau timba juga dibutuhkan dalam usaha cuci motor. Bak atau timba ini memiliki fungsi beragam. Bisa digunakan sebagai tempat mencampur sabun atau shampoo cuci motor dengan air saat digunakan untuk mencuci, atau bisa untuk tempat mengambil air dalam jumlah sedikit yang dibutuhkan.

Sabun Cuci Motor

Daftar peralatan usaha cuci motor yang paling penting adalah sabun cuci motor. Sabun atau shampoo yang digunakan untuk mencuci motor bukan sabun biasa yang digunakan untuk mencuci baju atau peralatan rumah tangga lain, atau shampoo yang digunakan untuk keramas rambut.

Sabun yang digunakan untuk mencuci motor merupakan sabun khusus untuk motor. Biasanya, sabun ini dibuat khusus. Sabun atau shampoo khusus ini umumnya sekaligus bisa menjaga agar permukaan motor tetap terlihat mengkilap. 

Semprotan Cuci Motor

Komponen ini juga cukup penting untuk usaha cuci motor. Semprotan tersebut memungkinkan penyemprotan air yang lebih keras dan bisa membantu hasil pencucian lebih bersih. Semprotan ini juga akan lebih mudah menyebarkan air, sehingga di usaha cuci motor wajib tersedia.

Spons

Spons juga diperlukan untuk menjalankan usaha cuci motor. Di sini spon digunakan untuk membantu penggunaan sabun atau shampoo cuci motor pada pembersihan motor. Spon dipilih karena memiliki tekstur halus, ringan, serta memiliki daya serap tinggi dan akan memudahkan pencucian.

Sikat Plastik

Kegunaan sikat plastik ini adalah untuk mencuci pada bagian motor yang tidak mungkin dicuci dengan menggunakan spon. Misalnya pada bagian ban motor. Bagian ini membutuhkan sedikit tenaga lebih dalam pembersihannya, agar hasilnya bisa bersih maksimal.

Pemilihan sikat plastik ini alasannya karena bahan plastik memiliki daya lentur serta tidak terlalu kasar yang bisa beresiko menyebabkan lecet pada cat motor. Sikat plastik juga lebih awet bila dibandingkan dengan sikat yang terbuat dari bahan ijuk, misalnya. Tapi, pastikan memilih sikat yang berkualitas.

Lap atau Handuk kecil

Lap atau handuk kecil sangat penting dalam proses pencucian kendaraan. Penggunaan lap atau handuk kecil ini akan lebih memaksimalkan proses pencucian, sehingga hasilnya motor menjadi semakin bersih.

Kanebo

Peralatan terakhir yang diperlukan saat menjalankan usaha cuci motor adalah kanebo. Kanebo digunakan untuk mengeringkan motor dari sisa air pencucian. Kanebo dipilih, karena bahan ini memiliki daya serap sangat tinggi, sehingga bisa menyerap air dan mempercepat pengeringan.

Sebenarnya, handuk kecil juga bisa digunakan untuk membantu proses pengeringan. Akan tetapi, daya serap handuk terhadap air tidak setinggi kanebo. Menggunakan kanebo untuk mengelap motor, selain akan memberikan hasil maksimal, juga bisa menghemat waktu pengerjaan.

Daftar peralatan usaha cuci motor yang sudah disebutkan di atas adalah daftar peralatan sederhana untuk memulai usaha cuci motor. Apabila usaha sudah berkembang, bisa ditambah dengan peralatan yang lebih modern dan canggih, seperti mesin kompresor, hidrolik, air gun, tabung salju, dan sebagainya.