Widget HTML Atas

Apa Itu PCD Pada Velg


 Sebenarnya Apa Itu PCD pada Velg? Ini Ulasannya

Dalam dunia otomotif ada yang namanya PCD velg. Namun, mungkin Anda sebagai pemilik kendaraan pun belum memahami betul apa itu PCD pada velg. Nah, supaya pemahaman Anda tentang PCD velg lebih jelas, silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian PCD Velg

PCD merupakan singkatan dari Pitch Circle Diameter. Dari kepanjangan PCD tersebut telah dapat diketahui bahwa PCD adalah jarak antara suatu lubang baut velg dengan lubang lainnya yang terletak pada satu garis lurus.

PCD memiliki peranan yang begitu penting bagi sebuah mobil. Oleh karena itu, ukuran dari PCD harus benar-benar diperhatikan ketika hendak membeli velg. Hal tersebut dimaksudkan agar PCD dan velg memiliki kesesuaian, sehingga kendaraan akan terasa nyaman saat dikendarai.

Mau sebagus apapun tampilan dan kekuatan sebuah velg, jika tidak sesuai dengan ukuran PCDm pasti tidak akan nyaman ketika digunakan. Velg tidak akan bisa dipasang dengan sempurna dan dapat mengganggu fungsinya.

Akan tetapi, jika terpaksa menggunakan velg dan PCD yang tidak cocok, ketidakcocokan tersebut bisa saja diakali dengan penggunaan adaptor. Dengan demikian, velg akan tetap aman dan nyaman digunakan meskipun sebenarnya tidak cocok dengan PCDnya.

Cara Mengukur PCD Velg

Sebagaimana yang telah Anda ketahui, PCD dan velg merupakan dua komponen mobil yang sangat penting dan harus memiliki kecocokan. Nah, setelah mengetahui apa itu pcd pada velg, sebaiknya Anda juga mengetahui bagaimana cara mengukur PCD tersebut.

PCD memiliki ukuran yang sangat banyak macamnya. Ukuran PCD mobil satu dengan yang lainnya pun juga berbeda-beda. Misalnya saja ukuran PCD yang dimiliki oleh mobil Toyota, tentu akan berbeda dengan PCD milik mobil Isuzu MU-X.

Dalam pengukuran PCD, Anda harus memperhatikan beberapa hal. Diantaranya adalah jumlah lubang baut dan diameter lingkaran keseluruhan baut velg.

Satuan ukuran yang digunakan dalam PCD ini menggunakan milimeter (mm). Dalam menghitung jumlah lubangnya sendiri tidak perlu keahlian khusus.

Anda hanya perlu menghitung seluruh lubang yang ada pada velg. Rata-rata jumlah lubang pada mobil biasanya 4, 5, 6 dan 8. Sedangkan, untuk mengukur diameter velg, diperlukan keahlian khusus karena bentuk lingkaran tidak dapat dilihat secara jelas.

Cara mengukur PCDnya adalah dengan menarik satu garis lurus di antara dua lubang yang jaraknya paling jauh dengan satuan milimeter. Garis lurus tersebut nantinya akan diukur berapa panjangnya dan itulah yang akan digunakan sebagai ukuran diameter lingkaran lubang (PCD).

Ukuran lubang yang paling mudah dihitung diameternya biasanya adalah velg yang memiliki lubang baut berjumlah 4 dan 6. Nah, jika pada praktek pengukuran PCD velg Anda mengalami kesulitan, silahkan bawa saja ke bengkel atau toko velg untuk meminta bantuan.

Cara Mengganti PCD Velg

Selain membahas tentang pengertian PCD velg dan bagaimana cara mengukurnya, kali ini juga akan dibahas mengenai bagaimana cara mengganti PCD velg. Bagi Anda yang senang mengotak-atik mobil, pasti pernah memiliki keinginan untuk mengganti PCD pada velg.

Penggantian tersebut biasanya karena ingin memberikan tampilan yang berbeda pada mobil Anda. Namun, perlu Anda ketahui bahwa penggantian PCD sebenarnya tidak disarankan. Terlebih lagi jika penggantian tersebut dilakukan oleh orang yang kurang ahli dalam bidang otomotif.

Dampak yang ditimbulkan pastinya juga bisa sangat fatal. Hal tersebut bahkan memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan keselamatan penumpang. Jadi, penggantian PCD sebaiknya dilakukan oleh tenaga profesional.

Bayangkan saja jika PCD velg diganti secara asal. Saat ukuran PCD dan velg tidak cocok, sudah pasti kenyamanan dalam berkendara akan terganggu. Keselamatan pun akan dipertaruhkan. Jadi, sebenarnya sangat dianjurkan sekali tidak perlu mengganti PCD, apapun alasannya.

Ikuti saja bagaimana desain PCD yang sudah disediakan oleh pabrik mobil Anda. Jika pun ada sebab yang memaksa PCD diganti, perhitungkan hal ini dengan baik. Bawa ke bengkel dan pilih tenaga yang sudah profesional di bidangnya dalam penggantian, agar kendaraan tetap aman digunakan.

Nah, dari penjelasan tersebut, apakah Anda sudah lebih paham dengan apa itu pcd pada velg? Sebenarnya komponen ini tidak banyak mendapat perhatian khusus dari para pemilik kendaraan roda 4. Namun, karena fungsinya sangat penting, komponen tersebut pun perlu lebih diperhatikan lagi.