Widget HTML Atas

Cara Mengatasi Memori Penuh Di Smartphone Android. Ponsel Dijamin Lancar Tanpa Lag

cara-mengatasi-memori-penuh

    Sebagian besar pengguna smartphone mengeluhkan memori ponsel android nya cepat penuh. Memori pada ponsel seperti hal nya otak manusia yang dapat menyimpan data atau file. Meskipun ukurannya bisa dibilang kecil, tapi kapasitasnya sangat besar. Memori tersebut dapat penuh jika data atau file yang tersimpan didalamnya terlalu banyak, sehingga dapat membuat kinerja smartphone bisa menjadi sangat lag atau lemot. Untuk itu dibutuhkan cara mengatasi memori penuh di smartphone android agar tidak sering terjadi lag atau lemot. 

Memori pada ponsel smartphone android terbagi menjadi 2 jenis, yaitu memori internal dan eksternal. Untuk memori internal adalah memori bawahan di handphone, dan untuk memori eksternal ini adalah memori yang ditambahkan atau disematkan pada ponsel. Lalu, bagaimana jika memori internal yang dimiliki ponsel kalian tersebut gampang sekali penuh ? 

Cara Mengatasi Memori Penuh Di Smartphone Android

Sebelum kalian mengikuti cara mengatasi memori penuh di smartphone android. Hal yang perlu diketahui adalah beberapa aplikasi yang sedang dipakai, terkadang aplikasi tersebut tidak benar benar diperlukan. Ketahui juga aplikasi apa saja yang memakan memori terlalu besar. Berikut ini adalah cara untuk mengatasi memori smartphone android jika terlalu penuh. 

1. Hindari Untuk Menginstal Aplikasi Yang Terlalu Berat

Berbagai macam aplikasi  dan game yang tersedia di playstore memang selalu memudahkan dan membantu. Tetapi kebanyakan pengguna smartphone tidak menyadari kalau aplikasi yang di instal akan memakan memori terlalu besar. Maka dari itu disarankan untuk mencari alternatif aplikasi lain yang mempunyai ukuran file lebih kecil jika ingin men downloadnya.

2. Rajin Dan Rutin Membersihkan Cache

Salah satu dari beberapa cara untuk mengatasi memori penuh yaitu rutin dan rajin membersihkan cache di aplikasi yang terinstal di smartphone. Cache ini adalah sisa data aplikasi yang sudah tidak digunakan. Lalu bagaimana caranya ?. Pertama kali masuk lah ke bagian "setting". Dan pilih menu "App Management". Jika sudah, klik semua aplikasi yang sering sekali diakses. Kemudian klik menu "Storage Usage". Lalu didalamnya terdapat pilihan "Clear Cache", klik saja menu tersebut. 

3. Pindahkan Aplikasi Ke Memori Eksternal

Penyimpanan internal penuh dikarenakan banyak aplikasi yang di install di ponsel. Maka dari itu ada 2 cara agar memori tidak terlalu penuh, pertama dengan cara uninstal atau hapus aplikasi dan pindahkan aplikasi ke dalam penyimpanan eksternal. Sebelum beberapa aplikasi di pindahkan, pastikan dahulu kapasitas memori yang digunakan cukup besar jika dibandingkan memori internal. 

Untuk cara memindahkan aplikasi ke memori eksternal yaitu dengan  membuka pengaturan atau setting pada ponsel. Kemudian pilih lah bagian setelan tambahan. Dan buka manajeman aplikasi lalu klik terinstal. Pilih lah aplikasi yang mau dipindahkan, klik aplikasi tersebut dan pilih opsi pindahkan ke memori eksternal atau SD Card. 

4. Beralih Ke Aplikasi Whatsapp

Sebagian besar pengguna smartphone pastinya menggunakan aplikasi whatsapp. Maka dari itu cara selanjutnya mengatasi memori penuh di smartphone android yaitu beralih ke aplikasi whatsapp. Pertama yaitu menonaktifkan fitur auto download dari media ke aplikasi whatsapp. Karena jika tidak di nonaktifkan, jika ada seseorang yang mengirim file seperi foto atau video akan langsung otomatis terdownload. Dan akan otomatis memenuhi memori internal pada ponsel. 

Yang kedua yaitu mem-back up atau menyalin pesan chat dan file media ke penyimpanan google drive. Jadi tidak perlu khawatir jika memori ponsel penuh atau menghapus beberapa file media dari whatsapp. Jika ingin mencari file, tinggal kunjungi saja google drive karena data yang disimpan tidak akan pernah hilang. 

5. Setting Lokasi Penyimpanan Pada Foto Kamera

Cara mengatasi memori penuh di smartphone android yang terakhir yaitu untuk foto kamera di atur lokasi penyimpananya. Pindahkan lokasinya tersebut dari memori internal ke memori eksternal. Jadi, pada saat mengambil foto, akan otomatis tersimpan kedalam memori eksternal atau sd card. Caranya yaitu buka aplikasi kamera lalu cari menu setting. Ganti pilihan lokasi penyimpanan dari internal ke SD Card. 

Tutorial cara mengatasi memori penuh di smartphone android dapat diterapkan jika ponsel yang dipakai mulai lag atau lemot. Setelah mengetahui tutorial ini, diharapkan smartphone yang digunakan mulai kembali normal saat memakainya. Semoga bermanfaat.


Selain media tutorial gadget, saya juga membagikan artikel dan panduan seputaran teknik komputer dan jaringan.