Apa Itu Pcd Velg Dan Cara Mengukurnya


 


 Mengenal Apa Itu PCD Velg Dan Cara Mengukurnya

Sudah tahukah Anda apa itu PCD velg? Pada tiap velg mobil selalu terdapat PCD atau pitch circle diameter yang merupakan aspek penyusun velg. Selain PCD, ada aspek lain dalam velg seperti BCD (bolt circle diameter), offset, center bore, dan diameter.

Definisi dari PCD adalah jumlah baut dan jarak antar lubang baut pada velg. PCD sendiri terdiri dari banyak ukuran, menyesuaikan dengan ukuran velg yang digunakan. Berikut adalah ulasan lengkap tentang PCD pada velg mobil yang bisa Anda pahami.

Cara Mengukur PCD

Sebelum mengukur PCD, hal pertama yang harus diperhatikan adalah jumlah lubang baut atau hole yang ada, dan diameter bulat pada baut. Cara mengukur PCD velg tersebut hanya dengan menarik garis lurus antar baut yang berseberangan. Setelah itu, Anda bisa menghitungnya dengan satuan milimeter.

Untuk menghitung jumlah lubang baut atau hole tersebut cukup gampang. Hitung saja banyak lubang pada mur roda yang terpasang. Secara umum, ada mobil yang lubang bautnya sebanyak 4, 5, atau 6. Sedangkan untuk mengukur diameter, dibutuhkan keahlian khusus.

PCD sudah termasuk ukuran diameter bulat masing-masing lubang baut dan berpola menyerupai lingkaran. Cara mengetahui diameternya yaitu dengan menarik garis lurus antara dua lubang baut paling terjauh dalam satuan milimeter. Pengukuran ini lebih mudah dilakukan pada velg berlubang 4 dan 6.

Cara Membaca PCD

Jika Anda pernah melihat PCD di bengkel-bengkel, pasti ada banyak jenis ukuran dari yang sedang hingga paling besar. Tentunya, tiap ukuran tersebut memiliki ukuran lebar dan diameter yang berbeda. Untuk dapat membaca angka dari ukuran tiap PCD sendiri, sebenarnya dibutuhkan pengetahuan khusus.

Cara membacanya yaitu dengan melihat jumlah lubang baut dan jarak antar lubang baut pada velg. Contohnya, jika sebuah mobil BMW memiliki PCD berukuran 5 x 120, artinya PCD pada velg mobil BMW tersebut mempunyai  5 lubang baut dengan jarak antar lubang baut sebesar 120 milimeter.

Macam-Macam Ukuran PCD

Setelah mengenal apa itu PCD velg dan cara mengukurnya, Anda harus tahu jika PCD memiliki beragam ukuran tergantung pada velg mobil. Setiap merek mobil umumnya memiliki ukuran pcd velg yang berbeda-beda. Berikut beberapa ukuran PCD pada velg mobil yang sudah biasa dijumpai di pasaran.

· PCD Dengan 3 Lubang

Ukuran ini memang tidak variatif, karena hanya ada satu ukuran yang tersebut di pasaran. Ukuran tersebut adalah 3 x 112 digunakan pada mobil merk Smart.

· PCD Dengan 4 Lubang

PCD dengan lubang sebanyak 4 terdiri dari beberapa ukuran, yaitu 4 x 98 pada mobil merk Fiat. Kemudian, ada juga ukuran 4 x 100 pada mayoritas mobil dari jepang dan korea selatan, serta 4 x 108 pada mobil merk Peugeot dan merk Ecosport.

Selain yang sudah disebutkan diatas, ada lagi ukuran 4 x 110 pada mobil Daihatsu lawas seperti Ceria, Mazda, dan Espass. Yang terakhir yaitu ukuran 4 x 114,3 pada mobil low MPV merk Xenia, Avanza, Mitsubishi Xpander, Grand Livina, dan Suzuki Carry.

· PCD Dengan 5 Lubang

PCD dengan lubang baut menjadi jenis yang mempunyai ukuran yang sangat banyak. Setiap ukuran tersebut hanya selisih sedikit pada tiap diameternya. Secara umum, PCD jenis ini banyak terdapat pada mobil sport dan hatchback dari produk dari Toyota, Daihatsu, dan beberapa mobil sejenis lainnya.

Ukuran tersebut antara lain 5 x 100, 5 x 105, 5 x 108, 5 x 110, 5 x 112, dan 5 x 114,3. Ukuran yang sedikit lebih besar yaitu 5 x 120, 5 x 120, 5 x 127, 5 x 130, 5 x 139,7, 5 x 150, dan 5 x 165,1. Anda bisa memilih beragam ukuran tersebut dan menyesuaikannya dengan velg mobil Anda.

PCD Dengan 6 Lubang

PCD dengan lubang baut sebanyak 6 terdiri dari 3 ukuran. Ukuran tersebut adalah 6 x 114,3 pada mobil terra dan navara. Kemudian, ada ukuran 6 x 130 pada mobil Mercedes-benz sprinter, dan ukuran 6 x 139,7.

Pembahasan mengenai apa itu PCD velg dan cara mengukurnya di atas cukup penting Anda pahami. Jika ingin memodifikasi velg mobil kesayangan Anda, jangan lupa mempertimbangkan PCD dan aspek-aspek terkaitnya tampilan dan fungsinya bisa pas.